PERTANIAN DESA BLIMBING, KECAMATAN KLABANG, KABUPATEN BONDOWOSO

Desa Blimbing merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso. Kondisi geografis Desa Blimbing sendiri yang sangat subur dan pengairan yang lancar menyebabkan komoditi pangan, utamanya padi dapat tumbuh dengan baik.

 

Kepala Gapoktan Desa Blimbing, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Sumiran mengatakan bahwa komoditas utama Desa Blimbing adalah padi. Hal ini dikarenakan kondisi pengairan yang lancar dan mengalir terus-menerus. Pada dasarnya padi merupakan tumbuhan yang membutuhkan air yang cukup atau banyak dan kondisi tanah yang subur. Dalam setahun bisa sampai tiga kali tanam padi. Setiap setelah panen padi, petani langsung melanjutkan menanam padi kembali begitu seterusnya. Untuk hasil tanaman pangan ini, petani menjual hasil panen dan sisanya dikonsumsi sendiri. Sementara untuk komoditas lainnya yang dibudidayakan di Desa Blimbing antara lain kelapa, jagung, tembakau dan kopi.

Kelapa sendiri hanya ditanam dipinggiran persawahan padi, sehingga jumlahnya tidak terlalu banyak. Untuk komoditi tembakau dan jagung hanya dibudidayakan sebagai selingan dan lokasi budidaya berada pada wilayah atas yang airnya relatif kurang. Selanjutnya pada komoditas perkebunan yang dibudidayakan di Desa Blimbing adalah kopi.

Tanaman kopi dibudidayakan oleh masyarakat atau petani yang berada diwilayah yang dinamakan “Alas Lanjeng”, dimana lokasi tersebut jauh dari Balai Desa Blimbing. Lahan yang digunakan untuk budidaya kopi didaerah tersebut merupakan lahan milik Perhutani. Oleh karena itu, lahan tersebut diberlakukan sistem sewa ataupun bagi hasil sesuai perjanian antara pihak petani dengan Perhutani. Petani dapat memanfaatkan lahan Perhutani untuk budidaya kopi sehingga lahan dapat dimanfaatkan secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *